Ads here 728x90

Terkini

Nilai Minimal Kelulusan Ujian Nasional Sertifikasi Guru 2016 adalah 80


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan baru pada program sertifikasi guru tahun 2016. Salah satunya adalah peningkatan batas nilai syarat kelulusan ujian nasional sertifikasi guru menjadi minimal 80. (dalam pikiran-rakyat.com)

Lonjakan penambahan batas nilai ini cukup tinggi, karena sebelumnya batas nilai syarat kelulusan sertifikasi guru hanya 42. Direktur Jendera Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Surapranata menuturkan kebijakan tersebut diterapkan sesuai arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

"Dari hasil laporan Bank Dunia (world bank-red), ditemukan data bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam nilai uji kompetensi guru (UKG) antara guru yang sudah tersertifikasi dan guru yang belum tersertifikasi. Karena itu kami tingkatkan batas kelulusannya," ujarnya di Jakarta, Jumat, 16 September 2016.

Dengan dinaikkannya nilai kelulusan sertifikasi guru, Pranata menjelaskan, pihaknya juga menerapkan kebijakan lainnya yakni ketentuan ujian sertifikasi ulang bagi guru yang tidak lulus atau tidak memenuhi batas nilai kelulusan. Guru dapat mengulang ujian, tanpa perlu mengulang PLPG.

Pranata menuturkan, guru cukup mengikuti PLPG sebanyak satu kali. Jika guru tersebut tidak lulus ujian sertifikasi, maka dapat mengikuti ujian lagi maksimal empat kali tanpa harus mengulang PLPG. Adapun ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

Pada tahun ini, jumlah guru yang mengikuti sertifikasi sebanyak 69.259 orang. (dalam kompas.com)

Nilai Minimal Kelulusan Ujian Nasional Sertifikasi Guru 2016 adalah 80 Nilai Minimal Kelulusan Ujian Nasional Sertifikasi Guru 2016 adalah 80 Reviewed by Admin on September 17, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

More Info