Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Buku Panduan Cara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA

Buku Panduan Cara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda sebagian besar negara di dunia sehingga World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemi Covid-19.

Indonesia pun tak terhindarkan dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, kesehatan, bahkan pendidikan. Hampir seluruh negara terdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah, termasuk juga di Indonesia.

Namun, anak harus tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan ketetapan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang salah satu isinya tentang Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. Untuk memberikan layanan pendidikan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan warga satuan pendidikan serta mencegah penyebaran Covid-19 yang masif, maka ditetapkanlah Surat Keputusan Bersama 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri) dengan beberapa kali perubahan, yang berisi tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa Pandemi Covid-19.Di dalam keputusan tersebut dicantumkan rambu-rambu pelaksanaan PTM pada masa Pandemi Covid-19.

Menindaklanjuti keputusan bersama tersebut, Direktorat SMA mengupayakan untuk menyiapkan buku tentang PTM pada Masa Pandemi sebagai gambaran bagi satuan pendidikan dalam menyiapkan PTM yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di seluruh zona. Buku ini dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi bagi satuan pendidikan dalam menentukan model atau strategi pelaksanaan PTM yang akan dipilih sesuai kondisi satuan pendidikan dan kondisi daerah masing-masing.

Buku ini merupakan kumpulan praktik baik dari sejumlah satuan pendidikan di beberapa wilayah Indonesia yang telah melaksanakan PTM pada masa pandemi Covid-19 sejak beberapa waktu yang lalu hingga saat ini. Praktik baik yang dlakukan oleh satuan pendidikan dalam pelaksanaan PTM mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi secara detail dapat dilihat pada bagian lampiran.

Kami berharap buku ini bisa menginspirasi para pelaku pendidikan, khususnya satuan pendidikan dalam pelaksanaan PTM yang segera akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Semoga upaya kami dapat memberikan sumbangsih demi melayani pendidikan anak secara maksimal pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap menjadikan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan sebagai prioritas utama.

Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan melimpahkan rahmatNya bagi kita semua.

📥 Download File

Informasi Berita Guru tentang Buku Panduan Cara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA silahkan dimanfaatkan atau dibagikan 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!😊