Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Luar Biasa Siswa SMA Unggul DEL Diterima di 11 Universitas Luar Negeri Yang Ternama

Beria Guru kali ini berbagi kabar gembira, datang dari SMA Unggul DEL. Salah satu siswa SMA Unggul DEL angkatan IX (sembilan) berhasil diterima di 11 Universitas Luar Negeri.

Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh SMA Unggul DEL melalui laman facebook nya di facebook.com/smadel.sch.id salah satu siswa mereka yang bernama Michael Anastasius Mindo Hutapea, peraih Beasiswa Indonesia Maju, yang saat ini telah diterima di 11 Universitas Luar Negeri.

Saat ini Michael terdaftar sebagai siswa aktif kelas XII. Tiga tahun lalu, dirinya mengikuti proses seleksi masuk dan memulai perjuangannya di SMA Unggul Del melalui pembelajaran online karena situasi pandemi. Tahun ini, Michael akan menuntaskan proses pembelajaran di SMA Unggul Del dan akan melanjutkan pendidikan di jenjang Universitas.

Perjuangannya untuk menembus berbagai universitas luar negeri tersebut tentu tidaklah mudah. Sejak bulan Juni 2021, Michael bergabung dengan kandidat lainnya untuk mengikuti pembimbingan intensif di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali. Selain memperdalam kemampuan Matematika dan IPA, Michael juga mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai tes, seperti SAT dan IELTS. Selain itu, dirinya juga perlu menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses admisi, seperti dokumen nilai rapor dan portofolio yang mencakup rangkuman sertifikat lomba serta kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya.

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk disiapkan adalah penulisan esai atau personal statement. Menurut Michael, Panitia Persiapan BIM Jalur Afirmasi memberikan kesempatan untuk mengikuti bimbingan intensif selama 6 bulan.

Selain konsultasi penulisan esai secara rutin, dirinya juga mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan yang membantunya untuk mempertajam kualitas isi esai yang dipersiapkan, seperti mendapat kesempatan untuk mengikuti Short Course yang diadakan di Berkeley-Indonesia High School Engineering Academy di California, US.

Dalam proses pendaftaran ke universitas di luar negeri, terdapat banyak faktor yang dipertimbangan pihak dewan admisi. Faktor pertama adalah kemampuan bahasa inggris dan yang kedua adalah dari capaian prestasi akademik, yaitu dilihat dari nilai rapor dan sertifikat kegiatan lomba yang diikuti. Selain itu, dewan admisi akan melihat esai yang dicantumkan pada proses pendaftaran.

Michael mengungkapkan, untuk mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, dirinya harus bisa mempertahankan nilai rapor yang tinggi, mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan juga mempersiapkan diri dengan kemampuan bahasa inggris yang baik.

Selain dukungan dari pihak sekolah dan panitia BIM Afirmasi, dukungan dari orang tua sebagai support system paling utama juga sangat dirasakan Michael selama proses persiapan. Dorongan dan dukungan dari orang tua, memberikan semangat baginya untuk mengikuti setiap proses persiapan dengan tekun.

Hasil perjuangan Michael membuahkan hasil, dirinya diterima di 11 Universitas terbaik di Luar Negeri:

  • 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐍𝐞𝐰 𝐒𝐨𝐮𝐭𝐡 𝐖𝐚𝐥𝐞𝐬, 𝐒𝐲𝐝𝐧𝐞𝐲 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐌𝐨𝐧𝐚𝐬𝐡 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐒𝐲𝐝𝐧𝐞𝐲 (𝐁𝐚𝐜𝐡𝐞𝐥𝐨𝐫 𝐨𝐟 𝐀𝐝𝐯𝐚𝐧𝐜𝐞𝐝 𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐢𝐧𝐠)
  • 𝐓𝐡𝐞 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐖𝐞𝐬𝐭𝐞𝐫𝐧 𝐀𝐮𝐬𝐭𝐫𝐚𝐥𝐢𝐚 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐓𝐨𝐫𝐨𝐧𝐭𝐨, 𝐒𝐭. 𝐆𝐞𝐨𝐫𝐠𝐞 (𝐌𝐚𝐭𝐡𝐞𝐦𝐚𝐭𝐢𝐜𝐚𝐥 𝐚𝐧𝐝 𝐏𝐡𝐲𝐬𝐢𝐜𝐚𝐥 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐓𝐨𝐫𝐨𝐧𝐭𝐨 𝐒𝐜𝐚𝐫𝐛𝐨𝐫𝐨𝐮𝐠𝐡 (𝐒𝐭𝐚𝐭𝐢𝐬𝐭𝐢𝐜𝐬)
  • 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐌𝐚𝐧𝐜𝐡𝐞𝐬𝐭𝐞𝐫 (𝐌𝐚𝐭𝐡𝐞𝐦𝐚𝐭𝐢𝐜𝐬)
  • 𝐖𝐚𝐠𝐞𝐧𝐢𝐧𝐠𝐞𝐧 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 (𝐄𝐧𝐯𝐢𝐫𝐨𝐧𝐦𝐞𝐧𝐭𝐚𝐥 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐂𝐚𝐬𝐞 𝐖𝐞𝐬𝐭𝐞𝐫𝐧 𝐑𝐞𝐬𝐞𝐫𝐯𝐞 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐅𝐥𝐨𝐫𝐢𝐝𝐚 𝐓𝐞𝐜𝐡 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
  • 𝐌𝐢𝐬𝐬𝐨𝐮𝐫𝐢 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐲 𝐨𝐟 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞 𝐚𝐧𝐝 𝐓𝐞𝐜𝐡𝐧𝐨𝐥𝐨𝐠𝐲 (𝐂𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
Luar Biasa Siswa SMA Unggul DEL Diterima di 11 Universitas Luar Negeri Yang Ternama

Pesan Michael untuk adik-adik yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, agar bisa konsisten dan menyeimbangkan capaian akademis dan nonakademis. Hal tersebut sangat penting dan akan menjadi pertimbangan Dewan Admisi. Kemudian, adik-adik juga harus rajin menggali informasi tentang beasiswa, negara tujuan, universitas, beserta dengan peluang kerja di masa depan.

Tidak lupa juga untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris dengan baik. Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan siapapun bisa mencoba asalkan konsisten dan tekun dalam mengerjakannya.

SMA Unggul Del menyampaikan selamat kepada ananda Michael Anastasius Mindo Hutapea. Semoga pencapaian ini akan menjadi penyemangat bagi para siswa Angkatan IX yang akan mengikuti Tes Masuk Perguruan Tinggi jalur SNBT pada bulan Mei mendatang, dan juga para junior yang sedang berjuang untuk menyelesaikan pendidikan. Semangat berprestasi kiranya terus membudaya dan semakin banyak cerita menginspirasi lahir dari generasi Del Folks selanjutnya.
Salam Noble!

Informasi Berita Guru tentang Luar Biasa Siswa SMA Unggul DEL Diterima di 11 Universitas Luar Negeri, Cek Universitasnya silahkan dimanfaatkan atau dibagikan 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!😊